Kelebihan JetTheme dari Template Blogger Lain

Tentu saja semua template mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, terutama yang premium, pasti setiap pengembang mempunyai caranya sendiri memberikan kejutan untuk pengguna temanya.

JetTheme sendiri saya sebut dalam kategori premium walaupun yang saya bagikan secara gratis, namun kamu bisa mendapatkan semua fiture yang rata-rata di sediakan pada versi premium, dari fitur-fiturnya sampai merubah credit footernya (copyright).

Tetapi tidak sampai disitu saja, masih banyak fitur yang mungkin para penggunanya saja belum tahu sampai membaca tulisan ini, karena saya berawal dari pengguna wordpress kebanyakan fitur diadaptasi dari tema wordpress, ok disini saya akan memberikan detail apa saja kelebihan template JetTheme.

Judul pada Homepage, Post, dll

Pada bagian judul, saya sudah mengoptimasi sebagai mana baiknya judul itu bekerja, fungsi judul bukan hanya untuk tampil di atas browser, namun judul harus juga estestik pada mesin pencari dan ketika membagikan pada media sosial.

Default

Browser
Homepage:  Nama Blog
Halaman Post: Judul Post

Ketika di Share
Homepage:  Nama Blog
Halaman Post: Judul Post

Kebanyakan Template Custom

Browser
Homepage:  Nama Blog - Tagline
Halaman Post: Judul Post

Ketika di Share
Homepage:  Nama Blog
Halaman Post: Judul Post

Template JetTheme

Browser
Homepage:  Nama Blog - Tagline
Halaman Post: Judul Post - Nama Blog

Ketika di Share
Homepage:  Nama Blog - Tagline
Halaman Post: Judul Post - Nama Blog

Mungkin ini bagi pemula di angap remeh, namun hal yang sepele itu lah yang meningkatan SEO pencarian, bisa kita amati pada default semuanya hanya polos dan terbilang tidak uniq, uniq sebenarnya sangat simple dengan menambahkan nama blog pada setiap judul post itu sudah termasuk judul yang uniq, karena nama blog kamu tidak mungkin kan dipakai banyak orang.

Nah pada kasus kedua kebanyakan tema kustom hanya akan terlihat uniq pada tampilanya saja tetapi ketika di share mereka tetap polos. kamu pun bisa mengamati tema kamu.

Pasti para pengamat SEO sangat paham akan hal ini, dimana faktor persaingan dari membuat judul yang baik lalu terlihat uniq menjadi salah satu kunci, tidak hanya di tampilan namun juga pada mesin pencari dan ketika di bagikan ke media sosial, jadi tidak heran kalau para pengguna blogger pidah ke cms lain seperti wordpress.

Pagination pada Halaman Label/Kategori

Pagination, adalah fitur yang sepertinya jangan di lewatkan, dari segi tampilan saja kita bisa tahu berapa jumlah post yang sudah di buat, itu membuat pembaca tahu ini bukan blog yang baru jadi. dari segi kegunaan kita bisa langsung lompat ke halaman yg lebih jauh dari pada next dan previous.

Yah sudah banyak tema yang punya pagination terus apa ? tentu JetTheme memberi lebih, dari saya perhatikan pagination hanya di letakan pada halaman utama, tidak pada label/kategori, dan plus perubahan judul ketika berada pada halaman berapa, misal halaman 3, maka diatas browser akan menampilkan "page 3".

Tombol Edit Kehalaman Editor

Sebenarnya ini adalah fitur yang sudah menjadi bawaan blogger tetapi entah kenapa banyak tema custom yang menghilangkannya, menurut saya ini adalah fungsi yang sangat membatu apalagi bagi yang mempunyai banyak artikel, jadi tidak harus mencari judul dihalaman admin cukup mengklik icon pencil untuk memperbaiki content nya.

Hastag dan TagCloud

Fitur keren lainnya di JetTheme kita bisa memberikannya banyak label tampa harus memikirkan breatcome di tampilan menjadi menumpuk, karena kita bisa mengubahnya menjadi hastag dengan menambahkan # didepan kata, dan itu sekaligus membuatnya tampil pada widget pada versi cloud.

Menu Menggunakan Widget Blogger

Alasan saya kenapa memilih menu navigasi menggunakan widget Pages Gadget ketimbang menggunakan widget HTML/javascript, itu karena akan menyulitkan pengguna tema yang pemula, apalagi yang tidak mengenal strucktur HTML, dan ketika membuat dropdown tentu kita tidak boleh salah dalam penulisan tag yang akan membuat tema menjadi rusak.

Didalam menu navigasi sendiri disarankan menambahkan microdata untuk SEO, ini akan menjadi hal yang lebih rumit lagi untuk di jelaskan, Maka dari itu saya memilih PageGadget untuk memudahkan pengguna pemula.

Ok mungkin cukup sampai disini, jika ada hal yang menarik lagi tentang pembahasan ini saya akan update kembali, karena JetTheme pun masih akan terus update kedepannya dengan fitur-fitur yang lebih baik.

Dan saya berharap bisa bermanfaat juga para pembuat tema lain.

Jadi bagaimana pendapatmu? Beri kami kritik dan saran.

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url